-->

Panduan dan Guide Hero Mobile Legends Martis

Advertisement
Panduan dan Guide Hero Mobile Legends Martis
Martis adalah hero fighter yang cukup sering di banned pada ranked mode sejak awal kemunculannya, padahal di season-season belakangan ini hero fighter cenderung mulai terlupakan, ane sendiri jarang sekali melihat role fighter (fighter damage) terdapat dalam ranked tier legend-mythic, namun hanya Martis saja yang sering muncul bahkan sering jadi hero auto ban karena memang fighter yang satu ini memiliki kemampuan yang spesial, menurut ane hero ini juga termasuk salah satu hero fighter terkuat yang cocok digunakan untuk main solo rank pada pangkat/tier apapun.

Karakteristik utama hero ini adalah fighter yang memiliki kemampuan charge untuk menembus formasi musuh dan membunuh hero-hero lembek di barisan belakang dengan cepat, sehingga tidak heran Martis menjadi mimpi buruk bagi hero marksman dan mage pada tim lawan, ia juga mempunyai skill immune (kebal) yang sangat berguna untuk menghindari crowd control (CC adalah kelemahan terbesar semua hero fighter) dan skill ultimate yang bisa langsung refresh tanpa cooldown setelah mendapatkan kill (seperti Karina) sehingga memungkinkannya menjadi salah satu hero termudah untuk mendapatkan savage. Tanpa banyak basa-basi inilah tutorial dan tips bagaimana cara main Martis dengan baik dan benar, kita mulai dari penjelasan tentang keunggulan dan kelemahan Martis terlebih dahulu.

Kelebihan Martis:

Attack speed yang sangat cepat, skill pasifnya memberi bonus kecepatan serangan 15% untuk setiap penggunaan skill dan bisa di stack sampai 4x, dengan skill 2 nya saja ia sudah bisa mendapatkan bonus attack speed 60%, ini adalah bonus efek attack speed tertinggi yang ada dibanding hero-hero lainnya pada phase early game.

Skill immune anti CC, skill 2 nya memberi efek imun/kebal yang sangat berguna untuk menerobos barisan musuh termasuk saat kita menggunakannya di tengah-tengah teamfight/tim war, skill ini sangatlah penting mengingat fighter harus bertarung close combat/jarak dekat dan sering menjadi target sasaran (auto lock) hero-hero CC tim lawan.

Hero fighter crowd control yang baik, sebenarnya senjata utama Martis bukan berada pada kekuatan serangannya, melainkan pada kemampuannya memberi efek CC dalam clash/pertempuran, skill 1 nya bisa memberi efek knock up/stun massal, lalu skill 2 nya juga memiliki efek knock up dan CC seperti skill ulti Akai yang berguna untuk memporak-porandakan formasi musuh, kalau dilihat-lihat memang hero ini lebih cocok digunakan sebagai semi tank/support yang memberi celah bagi tim untuk menyerang dan membantu mengendalikan war dengan skill crowd controlnya.

True damage dan ultimate berantai, skill 3 nya akan memberikan true damage pada musuh yang darahnya sekarat (HP <50%) ditambah lagi skill ini akan langsung refresh jika kita berhasil mendapatkan kill, sehingga kita bisa dengan cepat membantai semua musuh di saat yang tepat.

Kekurangan Martis:

Sering jadi sasaran utama, karena memang karakter utama hero ini adalah main terobos dengan skill 2 nya, maka tidak heran kita akan sering jadi target dan diincar pertama kali oleh tim lawan, maka dari itu kita juga perlu berhati-hati dan waspada kapan harus engage atau menarik diri dalam permainan.

Positioning yang sulit, kelemahan utama skill 2 nya adalah saat digunakan kita hanya bisa mengubah arah gerakannya sekali, kalau kita salah meloncat maka siap-siap jadi tempe dalam sekejap, selain itu kita juga butuh timing dan posisi yang tepat supaya tidak masuk kedalam area yang salah saat menggunakan skill 2 ini.

Kemampuan menyerang yang pendek, memang pada dasarnya fighter adalah tipe close combat dan tidak memiliki skill jarak jauh, namun ketiga skill Martis tidak memiliki mekanisme serangan yang bagus untuk mengejar musuh sehingga serangannya cukup mudah dihindari oleh tim lawan, contoh skill mekanik yang dimaksud seperti skill 1 Freya/Alucard, skill 2 Zilong, dan skill-skill dash lain yang berguna untuk mengejar/chase lawan yang berusaha kabur (skill 2 Martis memang punya efek dash tapi kurang efektif karena cenderung bertele-tele dan mudah terlihat).

Martis tips item build:


Build item Martis termasuk sangat fleksibel karena memang hero ini bisa kita build sebagai full fighter burst damage atau semi tank/support.
Ane pribadi biasanya menggunakan 2 tipe build yaitu tipe full damage (baris 1) dan semi tank (baris 2).

Build baris pertama artinya kita bermain sebagai fighter murni yang menyerang mengandalkan basic attack dan cara mainnya seperti fighter-fighter burst damage macam Zilong dan Roger.
Sedangkan pada build baris kedua kita bermain sebagai fighter yang lebih mengandalkan skill ketimbang basic attack dalam menyerang, kurang lebih cara mainnya seperti Alpha dan Lapu-lapu, artinya kita harus sering jaga jarak dan menunggu skill refresh barulah kita menyerang/poke menggunakan skill-skill yang ada.

Ane sarankan kamu mencoba-coba berbagai build yang cocok dengan gaya mainmu karena hero ini memiliki fleksibilitas yang tinggi, kita bisa build sebagai killer, tanker, maupun hero poke/crowd control.

Battle spell yang paling cocok untuk Martis adalah Retribution, Inspire dan Petrify.
  • Gunakan Retribution untuk cepat farming pada early-mid game, sebenarnya spell apapun juga cocok untuk Martis karena memang tergantung kita ingin build seperti apa, namun kalau kamu bingung gunakan saja Retribution sebagai opsi default supaya bisa ngutan dengan efektif dan cepat naik level sedini mungkin.
  • Gunakan Inspire untuk memaksimalkan efek skill pasif, spell ini cocok kalau kita build sebagai full fighter burst damage, jika dikombinasikan dengan bonus attack speed 60% dari skill pasif (dan juga item) maka ia bisa menyerang dengan sangat cepat seperti Moskov/Miya pada phase late game.
  • Gunakan Petrify kalau kita ingin ekstra crowd control, spell ini lebih cocok kalau kita ingin main sebagai semi tank/support sehingga kita bisa lebih banyak memberikan kesempatan pada tim untuk menyerang.
Untuk emblem kita bisa gunakan Common Physical atau Custom Fighter emblem.

Martis sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:
  • Fanny (skill 2 Martis bisa menghentikan Fanny saat terbang)
  • Natalia
  • Lancelot
  • Helcurt
  • Gord
  • Odette
  • Pharsa
  • Valir
  • Layla
  • Miya
  • Lesley

Martis cukup lemah melawan beberapa hero berikut:
  1. Hayabusa
  2. Hylos
  3. Kagura
  4. Zhask
  5. Bruno
  6. Irithel
  7. Diggie

Tips & trik hero guide Martis:

Ingat bahwa kekuatan utama Martis adalah pada kemampuan crowd controlnya, jadi gunakanlah skill 1 dan skill 2 untuk memberikan efek CC pada saat yang tepat (jangan fokus pada damagenya karena jujur kedua skill ini tidak memberikan burst damage yang signifikan), gunakanlah basic attack dan skill 3 sebagai senjata killer/damager utama, simpan skill 1 dan 2 untuk momen yang penting seperti teamfight dan tim war 5 vs 5.

Gunakan skill 2 untuk mengacak-acak formasi musuh saat tim war, lebih bagus lagi kalau kita bisa menciduk hero lembek seperti mage/mm yang sedang lengah dengan bantuan efek knock up dari skill 1 dan 2, caranya sebenarnya agak beresiko, kita harus menyelinap atau bersembunyi di rumput lalu serang menggunakan skill 2 dari belakang supaya hero di barisan belakang terdorong ke depan, setelah itu susul dengan skill 1 untuk memberi efek stun/knock up tambahan.

Gunakan skill 3 hanya pada musuh yang sekarat, sebaiknya simpan skill ini hanya untuk mengamankan kill (kita bisa melihat tanda hitam di bawah kaki musuh saat skill ini pasti akan membunuh musuh 100%), namun kalau memang terpaksa (karena faktor keadaan atau apapun) kita bisa tetap gunakan skill ultimate walau musuh sedang tidak sekarat untuk memberi damage seperti biasa.

Tetaplah bermain aman dan mengandalkan kerja sama tim, walau ia memiliki skill yang OP namun tetap saja kita membutuhkan bantuan tim untuk memaksimalkan peluang yang bisa kita ciptakan dengan skill-skill CC nya, skill ultinya pun lebih bersifat sebagai finishing bukan sebagai main damage, jadi bermainlah dengan hati-hati jangan asal mendekat dan adu jotos terutama melawan banyak musuh sekaligus.
Advertisement
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Nube- Diberdayakan oleh Blogger