-->

Walkthrough Final Fantasy XIII Lightning Returns Bahasa Indonesia

Advertisement
Walkthrough ini berlaku untuk semua versi Final Fantasy 13 Lightning Returns, dibuatuntuk menyelesaikan misi utama dan tambahan dalam permainan. 
Bagian 0: A Different Snow
Lightning Returns: Final Fantasy XIII dimulai dengan sebuah Tutorial yang di set di kediaman Snow, kota Yusnaan. Lightning akan bertemu dengan Snow dan konflik diantara mereka berdua tidak bisa dihindari, namun sebelum mereka menghunuskan senjatanya masing-masing, mereka dihadapkan oleh monster yag keluar dari Chaos.

Sebagai Lightning, anda akan melawan musuh pertama anda, Anubys. Battle ini merupakan Tutorial mempelajari Schemata Switching, ikuti petunjuk yang diberikan dan kalahkan Anubys. Setelah selesai, anda bisa memilih untuk mempelajari tutorial Camere Movement atau tidak dan mulai battle kedua dengan tiga musuh sekaligus, Anubys dan dua Niblet.

Serang Anubys dan anda akan mempelajari Tutorial Guarding. Ikuti petunjuk yang anda dapatkan, setelah battle berakhir, pergi ke arah tangga menuju lantai 2. Di area ini anda akan bertemu dengan Merchant yang akan memberikan Potion gratis, bicara dengannya dan selesaikan tutorial Recovery Items lalu lanjutkan perjalanan.

Ikuti jejak Snow ke terowongan dan lawan musuh-musuh yang menghalangi hingga anda bertemu dengan Anubys lagi. Battle melawan Anubys kali ini akan menghadapkan anda dengan Tutorial Changing Targets. Ikuti petunjuknya dan kembali ikuti jejak Snow menuju ruangan besar hingga anda bertemu dengan pintu yang terkunci. Buka dengan cara menekan panel merah dekat tembok. Persiapkan diri anda melawan Boss!

Zaltys terlihat menyeramkan, namun ia tidak sekuat apa yang anda bayangkan. Battle ini akan menunjukkan tutorial selanjutnya yakni Staggering, ikuti panduannya dan lancarkan serangan memakai Thunder. Perhatikan indikator warning berwarna merah di atas kepalanya, jika muncul, gunakan Guard segera.

Setelah melancarkan serangan magic memakai Thunder, Zaltys akan masuk ke dalam kondisi Stagger. Aktifkan Overclock di EP Ability, dan ulangi langkah dari awal sampai ia terkalahkan. Jika anda mau, anda bisa melawan Zaltys lagi (si Zaltys respawn namun kali ini bukan sebagai boss) atau langsung melanjutkan perjalanan. Keluar dari ruangan, naik ke tangga, ikuti rutenya dan Bagian 1: A Different Snow pun berakhir.

Bagian 1 - Luxerion
Ada 5 sub bagian di Luxerion. Anda harus menyelesaikan quest Luxerion sebelum Day 13 untuk menamatkan game ini.

Luxerion 1.1 An Evil Savior
Quest pertama akan membawa Lightning ke kota Luxerion. Di luar stasiun kereta, Lightning melihat sosok perempuan yang ditikam dan digantung. Semua orang yang melihat kejadian itu panik, namun perempuan itu belakangan diketahui hanya sebuah boneka. Lightning meminta Hope untuk mencari siapa pelaku yang melemparkan boneka itu di tengah kota, namun sayang Hope tidak dapat menemukan jejak sang pelaku. Untuk memulai Main Quest, Lightning harus menyelesaikan dua buah Side Quest. Side Quest ini bersifat wajib dan tidak bisa anda skip.

Side Quest #1: Whither Faith
Pertama, bicara dengan Inquisitor untuk menerima kabar mengenai keadaan terkini. Hope akan menghubungi dan meminta Lightning untuk mencari informasi kepada orang-orang di sekitar. Ada beberapa informasi dari orang-orang tertentu dan item yang harus anda temukan:
  • Brosur yang tertulis dalam huruf Etro – Item yang bersinar di permukaan lantai dekat Outfitters Booth, dekat dengan lokasi Inquisitor.
  • Surveying Man – Dari arah Inquisitor, pergi ke arah kiri hingga anda melihat tangga, naik ke atas untuk menemukan Surveying Man yang memakai baju berwarna kuning.
  • Officer – Bisa anda temukan di sekitar lokasi dekat dengan Surveying Man.
  • Holmes – Selesaikan Side Quest Where Are You, Holmes?
  • Theorizing Gentleman – Di dekat lokasi Inquisitor, setelah menyelesaikan Side Quest Where Are You, Holmes?
  • Scared Boy – Di dekat Theorizing Gentleman
  • Female Resident – Di North Station, wanita dengan rambut berwarna abu, mengenakan baju cokelat. Setelah anda menemukan semua informasi, kembali ke Inquisitor untuk memberi laporan, ia akan setuju dengan permintaan Lightning dan Side Quest Whither Faith pun selesai.

Side Quest #2: Where Are You, Holmes?
Client: Thornton
Batas Waktu: Day 1 (9:00 PM – 6:00 AM)
Reward (Stats): Max HP +30, Strength +3
Reward (Items): 300 Gil, Railway Cap, Railway Beret
Side Quest ini merupakan bagian dari Main Quest Luxerion yang tidak dapat di skip. Thornton dapat anda temukan di depan pintu masuk North Station. Ia meminta anda untuk menemukan rekan kerjanya, Holmes.

Holmes bersembunyi di pojok sekitar Innkeeper, dekat vending machine. Antar Holmes ke Thornton untuk menyelesaikan Side Quest ini.

Setelah menyelesaikan kedua Side Quest diatas, Inquisitor akan membuka gerbang utama di North Station, waktunya mengeksplorasi. Pergi ke arah Old Town dan ambil Abilities Tutorial jika anda mau di Sorcery Shop. Buka tiap container yang bisa anda temukan dan hancurkan boks untuk mendapatkan gear. Bagian 1.1 An Evil Savior berakhir.

Luxerion 1.2 In the Shadow of the Heretics
Untuk memulai main quest berikutnya, kembali ke North Station pada saat tengah malam. Target Lightning yakni the Children of Etro yang memakai pakaian jubah serba putih akan berkeliaran pada waktu seperti ini. Pergi ke TKP pembunuhan sebelumnya, sekitar tempat Lightning bertemu dengan Inquisitor, anda akan menemukan sang target.

Ikuti jejak mereka perlahan dari kejauhan dan usahakan untuk tidak ketahuan oleh mereka. Jika jarak Lightning terlalu dekat atau salah satu dari Children of Etro melihat Lightning, lari secepatnya karena mereka akan mengejar. Setelah mereka kehilangan jejak Lightning, segera buntuti mereka lagi.

Sebenarnya anda bisa memilih untuk melawan Children of Etro, namun anda akan kehilangan waktu banyak, jadi lebih baik untuk menghindari pertarungan dengan mereka. Jika anda tertiggal dan ketinggalan jejak mereka, pergi ke gerbang utama menuju Restaurant District, lalu naik ke arah tangga sebelah kanan. Ikuti jalur sepanjang koridor dan sembunyi di balik boks berwana merah kecoklatan untuk memulai cutscene.

Setelah cutscene selesai, Lightning membutuhkan 4 digit kode rahasia. Sayangnya, kode dan lokasi dari 4 digit ini tidak akan muncul hingga jam 6 AM nanti. Anda bisa menggunakan waktu yang tersisa untuk menjelajah Luxerion jika anda mau atau pergi ke Innkeeper dan tidur hingga jam 6 AM.

CATATAN PENTING: Setelah menyelesaikan Main Quest 1.2 di Luxerion, Lightning bisa menjelajahi 3 kota lainnya dengan menggunakan monorail. Jika anda mengira masih memiliki waktu banyak, anda bisa berkunjung ke Yusnaan, Wildlands atau Dead Dunes. Anda bisa mengeksplorasi dan membiasakan diri anda dengan ketiga lokasi ini serta mengambil Side Quest yang ada.

Luxerion 1.3 Find The Code
Saat anda kembali jam 6 AM di Luxerion, tugas anda selanjutnya adalah mencari 4 digit kode rahasia. Kode ini tersebar di berbagai penjuru area dalam kota dan anda harus berinteraksi dengan kode ini untuk menemukan nomor rahasianya. Nomor ini muncul secara acak, jadi tidak ada yang tahu nomor berapa yang akan anda dapatkan kecuali diri anda sendiri saat bermain.

Kode Rahasia #1: South Station
Nomor rahasia pertama bisa anda temukan di tembok sebelah barat dari South Station.

Kode Rahasia #2: Wharf of the Faithful
Nomor rahasia kedua bisa anda temukan di Restaurant Area sebelah barat daya Train Station.

Kode Rahasia #3: Warehouse District
Nomor rahasia ketiga bisa anda temukan di tembok sebelah utara yang berada di Warehouse District.

Kode Rahasia #4: The Warrens
Nomor rahasia keempat bisa anda temukan di Warrens, namun gerbang menuju area ini ditutup hingga tengah malam nanti.

Anda bisa memilih untuk menyelesaikan Side Quest terlebih dulu atau pergi ke Innkeeper dan tidur hingga pukul 00:00 AM tengah malam. Saat tengah malam tiba, pergi ke Warrens untuk menemukan nomor rahasia terakhir.

Luxerion 1.4 Rites for a Goddess
Setelah anda selesai menyaksikan cutscene dengan Lumina, segera pergi ke kotak telepon yang ada di Forsaken Graveyard (tempat anda menyaksikan cutscene dimana Children of Etro masuk ke dalam gerbang) dan masukkan 4 digit kode rahasia yang telah anda dapatkan secara berurut dari kiri ke kanan dan pintu gerbang pun akan terbuka.

CATATAN PENTING: Jika anda memilih untuk tidak memasukkan 4 digit kode rahasia, anda akan diberi pilihan untuk ‘Force your way through?’, jika anda memilih pilihan ini gerbang akan terbuka dan Dreadnought akan muncul menyambut anda. Pilihan sepenuhnya di tangan anda.

Setelah berada di dalam, ikuti jalur dan loot semua item yang bisa anda temukan. Lawan monster atau hindari mereka jika anda mau. Ada beberapa monster besar yang kuat seperti Dreadnought, Zomok dan Gaunt yang sebaiknya anda hindari. Lanjutkan perjalanan hingga anda menemukan Monument.

Luxerion 1.5 Hunter in Light and Shadow
CATATAN PENTING: Battle melawan Boss Noel akan bergantung di hari apa anda bertarung dengannya. Jika anda memilih untuk bertarung di Days 1-7, Noel yang anda lawan akan berwujud sebagai Normal Boss, jika anda memilih untuk bertarung di Days 8-12, Noel yang anda lawan akan jauh lebih kuat dan lebih sulit untuk dikalahkan.

Sebelum meninggalkan area, pastikan anda mengambil Crest of Etro (objek yang bersinar di lantai belakang Monument). Ikuti Noel ke arah Warren dan perlihatkan Crest of Etro ke Goddess’s Disciple yang berjaga di depan pintu gerbang.

CATATAN: Jika anda tidak membawa Crest of Etro, anda bisa menyerang Goddess’s Disciple dan mendapatkan Crest of Etro.

CATATAN PENTING: Sebelum mengikuti Noel pastikan juga anda telah memiliki stok Potions dan Phoenix Down yang cukup. Lanjutkan perjalanan ke Noel’s Secret Lair untuk memulai pertarungan dengannya. Lihat peta untuk mengetahui ke arah mana Noel pergi.

Boss Battle: Noel Kreiss
Untuk melawannya, equip seluruh persenjataan terbaik yang anda miliki dan gunakan ability Thunder. Thunder merupakan kelemahan Noel, kekuatan damage-nya mencapai 150%.
Strategi melawan Noel Kreiss:

  • Counter serangannya dengan Guard
  • Gunakan serangan magical attack (Thunder) secara berurutan agar Noel masuk ke dalam kondisi Stagger
  • Gunakan EP Overclock saat Noel masuk dalam kondisi Stagger
  • Seperti melawan kebanyakan boss, anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan ability Overclock disaat pertengahan melawan Noel, dimana ia akan menyerang anda secara agresif. Kalahkan Noel untuk menyelesaikan Main Quest 1: Luxerion.


Alternate Boss Battle: Noel Kreiss+
Jika anda menyukai tantangan, lawan Noel saat Day 8. Anda akan melihat versi lain dari Noel. Noel memiliki jumlah HP sekitar tiga kali lebih banyak dan anda membutuhkan equipment yang lebih kuat untuk membuat Noel masuk ke dalam kondisi Stagger.

Bagian 2: Yusnaan
Ada 3 sub bagian di Yusnaan. Anda harus menyelesaikan quest Yusnaan sebelum Day 13 untuk menamatkan game ini.

Yusnaan 2.1 The Great Break-in
Setelah tiba di Yusnaan, Lightning harus mendapatkan akses ke Palace melalui Augur’s Quarter. Jelajahi area sekitar sampai anda menemukan Cactuar Statue berukuran besar lalu belok ke arah kiri. Sesampainya disana, gerbang akan tertutup. Bicara dengan Knowledgeable Tourist, ia akan memberikan petunjuk bagaimana masuk ke dalam.

Orang selanjutnya yang harus anda temukan adalah Tour Guide, ia mengenakan pakaian putih bercampur pink dan memegang sebuah drum besar di area sekitar Augur’s Quarters (lihat peta pada gambar untuk menemukannya). Bicara dengannya dan bayar 2,000 gil untuk mendapatkan Key Item ‘Sneaking-in Special Ticket’.

Dari sini anda bisa memilih untuk menyelesikan Side Quest atau tidur di Inkeeper hingga pukul 6 PM. Seperti yang dikatakan sang Tour Guide, Lightning harus hadir di Industrial Area tepat pukul 6 PM. Bicara dengan Suspicious Gatekeeper dan tunjukkan tiketnya.

Setelah gerbang terbuka, masuk ke dalam dan ikuti jalurnya, naik ke tangga dan terus ikuti petunjuk icon tanda seru berwarna biru pada peta. Setelah Lightning mencapai jalur akhir, Lumina akan muncul. Bersiaplah karena ia akan summon Cyclops. Terlihat kuat namun ia lemah terhadap serangan Magic.

Setelah Lightning berhasil mengalahkan Cyclops, Lumina akan menghancurkan jalur tempat anda berdiri dengan bantuan Cyclops yang telah diberi kekuatan olehnya. Lightning akan berakhir di Warehouse District, ikuti jalur hingga anda menemukan sebuah kerangka dengan ID Card.

Ambil Key Item tersebut dan keluar dari Warehouse District melalui Underground Route. Kembali ke Augur’s Quarters dan gunakan ID Card tersebut untuk masuk ke dalam Palace. Main Quest Bagian 2.1 The Great Break-in selesai.

Yusnaan 2.2 The Legend of the Savior
Bicara ke Director Sarzhak yang ada di atas tangga, ia akan meminta Lightning untuk bicara ke Firework Boss yang akan menugaskan anda untuk mencari 10 Fireworks agar misi dapat berjalan dengan lancar.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Fireworks, diantaranya dari Fireworks Employee, ‘Chocobo Girl’ (membutuhkan password) dan dua buah Side Quest. Masing-masing NPC akan memberikan Fireworks dalam jumlah yang berbeda, anda boleh saja mencoba untuk mengambil keseluruhan Fireworks dari masing-masing NPC, namun yang anda butuhkan hanyalah 10. Pilihan di tangan anda.
  • Fireworks Employee #1: Keluar dari Palace dan pergi ke arah Cactuar Plaza untuk bertemu dengan Fireworks employee pertama. Ia akan memberikan 3 buah Fireworks.
  • Fireworks Employee #2: Pegawai Fireworks kedua ada di luar Champion’s Quarters dekat Coliseum. Bicara dengannya dan anda akan mendapatkan 3 buah Fireworks.
Untuk mendapatkan sisa Fireworks lainnya anda bisa mengambil 2 buah Side Quest atau dari ‘Chocobo Girl’ berikut ini:

Lokasi Chocobo Girl – Reward: 1 buah Fireworks per Chocobo Girl (total ada 4 Chocobo Girl)
  • Side Quest #1: Firework for a Steal – Reward: 7 buah Fireworks
  • Side Quest #2: Firework in a Bottle – Reward: 4 buah Fireworks
Setelah anda mendapatkan kesepuluh Fireworks yang dibutuhkan, kembali ke Palace dan bicara ke Fireworks Boss lalu bicara ke Director Sarzhak. Ia akan memberi tugas yang cukup sulit untuk Lightning. Director Sarzhak meminta Lightning untuk berpartisipasi dalam turnamen yang diadakan di Coliseum.

Hadiah berupa outfit yang menjadi grandprize di Coliseum harus anda miliki agar Lighting bisa lolos audisi Sarzhak. Pergi ke arah Coliseum untuk memulai Side Quest ‘The Fighting Actress’. Side Quest ini bersifat wajib dan tidak dapat anda skip.

Side Quest: The Fighting Actress
Setelah anda berhasil mengalahkan semua monster yang ada, Zoe akan memberikan reward berupa Midnight Mauve outfit. Sebelum kembali ke Palace, pastikan Lightning telah mengenakan Midnight Mauve yang baru saja didapat. Masuk ke dalam Palace dan bicara ke Director Sarzhak.

Yusnaan 2.3 A Solitary Patron
Ikuti jalur penunjuk yang ada di peta, lawan semua monster yang menghalangi atau lari dari mereka untuk menghemat waktu. Naik ke arah tangga dan terus ikuti jalur. Semakin dalam anda menjelajah, anda akan menemukan pintu yang hanya dapat dibuka dengan switch.

Switch ini bisa anda temukan dengan mudah dengan bantuan pointing system pada layar yang akan menunjukkannya pada anda. Namun ada salah satu switch yang membutuhkan penjelasan. Lanjutkan perjalanan hingga anda menemukan menemukan ruangan dengan Zaltys atau Cyclops di dalamnya dan juga switch yang perlu anda gunakan untuk membuka pintu.

Zaltys dan Cyclops disini akan terus menerus respawn, jadi hindari pertarungan dengan mereka. Lompat ke arah boks sebelah kiri dan ikuti jalur hingga anda menemukan switch-nya. Tekan switch dan masuk ke dalam pintu yang telah terbuka.

Di ruangan ini anda akan menemukan switch selanjutnya, pergi ke arah depan dan lompat ke arah boks lalu ambil jalur ke kiri. Anda akan melihat tangga disini, ambil jalur kanan untuk melanjutkan dan ikuti jalur. Tekan switch dan masuk ke pintu yang telah terbuka.

Di ruangan ini anda akan bertemu dengan salah satu Palace Guard (Supplier) yang menjual Potions dan Elixir. Stok semua kebutuhan anda disini. Lanjutkan perjalanan hingga anda bertemu dengan sebuah ruangan yang tersegel oleh es. Hope dan Lightning yakin Snow berada di ruangan tersebut. Anda harus mencari cara untuk membuka segelnya.

Pergi ke lorong arah kiri dari pintu yang tersegel es, setelah mentok, belok ke arah kanan lalu ikuti jalur pada peta untuk memudahkan navigasi. Lawan atau lari dari monster yang menghalangi lalu naiki tangga ke arah atas. Belok ke kiri dan ikuti jalur sampai anda menemukan ruangan dengan switch.

Naik ke arah tangga yang pertama kali anda lihat dan ikuti jalur. Tekan switch dan masuk ke dalam pintu yang telah terbuka. Lawan 2 monster Anubys yang menjaga pintu di hadapan anda. Masuk dan ikuti jalur hingga anda menemukan ruangan mirip sebuah penjara, ambil Pendant yang ada di atas meja sebelah tempat tidur.

Terjun ke dalam lorong untuk menuju lantai terbawah. Ikuti jalur dan anda akan sampai di tempat yang familiar. Pergi ke arah pintu yang tersegel es dan bersiaplah untuk menghadapi Snow!

Boss Battle: Snow Villiers
Kelemahan Snow ada di Fire. Gunakan Gear yang memiliki stat anti ice dan equip ability Fire yang Lightning miliki. Jika anda memiliki outfit Paladin dan Juno Sophia Shield, anda bisa menggunakannya untuk melawan Snow. Serang terus menerus, gunakan ability Fire dan jangan lupa untuk Guard saat Snow melancarkan serangannya.

Sama dengan battle-battle lain melawan Boss, gunakan EP Overclock di pertengahan battle saat Snow mulai menunjukkan emosi. Kalahkan Snow untuk menyelesaikan Main Quest Yusnaan.

Alternate Boss Battle: Snow Villiers+
Battle melawan Snow Villiers+ muncul saat anda memutuskan untuk bertarung dengannya di Day 8-9. Gunakan strategi yang sama saat melawan Snow Villiers dalam kondisi normal.

Alternate Boss Battle: Snow Villiers++
Battle melawan Snow Villiers++ muncul saat anda memutuskan untuk bertarung dengannya di Day 10-12. Wujud Snow yang anda lawan ini adalah wujud setengah jadi dari Cieth dan merupakan wujud terkuat dari wujud Snow lainnya. Saat HP-nya mencapai setengah, serangan Snow akan menjadi lebih kuat dan lebih cepat.

Equip Steelguard atau Mediguard Level 4/5 agar anda dapat bertahan dari serangan brutalnya. Jangan lupa gunakan magic Fire agar Snow masuk ke dalam kondisi Stagger.

CATATAN PENTING: Battle melawan Boss Snow akan bergantung di hari apa anda bertarung dengannya. Jika anda memilih untuk bertarung di Days 1-7, Snow yang anda lawan akan berwujud sebagai Normal Boss, jika anda memilih untuk bertarung di Days 8-9, Snow akan sedikit lebih kuat dan jika anda memilih untuk bertarung di Day 10-12, Snow yang anda lawan akan jauh lebih kuat dan lebih sulit untuk dikalahkan.

Referensi :
jonooit.com
Advertisement
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Nube- Diberdayakan oleh Blogger