-->

Perbedaan MOBA, RPG dan MMORPG!

Advertisement
Baru-baru ini game MOBA sangat populer bagi kalangan gamers, game ini mengandalkan kerjasama tim dan kemampuan mengendalikan karakter yang kita pakai untuk bisa menang. Salah satu game MOBA yang cukup populer di android adalah Mobile Legends.

Selain game MOBA masih banyak genre game lain sepert MOBA yang tidak kalah seru seperti genre RPG, MMORPG dan MOBA. Kira-kira apakah maksudnya, lalu apa bedanya? Karena ternyata banyak yang keliru! Supaya kamu nggak salah, yuk dengar penjelasan berikut.

Genre game sebetulnya nggak penting-penting banget. Apapun genre game yang kamu suka, itu adalah hak masing-masing gamer. Tapi jangan sampai kamu ngaku gamer, tapi nggak tahu genre-genre game yang ada. Duh malu-maluin pastinya. Biar nggak salah, berikut penjelasannya.

Apa itu Game RPG ?

RPG merupakan singkatan dari Role Playing Game. Sesuai namanya apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, di dalam game ini kamu akan memerankan tokoh buatan dan menjalani serangkaian cerita dari tokoh tersebut.

Gampangnya sih, game yang membuat kamu memerankan seorang tokoh tertentu. Itu sudah, itu adalah jenis game RPG. Game dalam genre RPG biasanya ceritanya sangat luas dan melibatkan perasaan pemain, seperti saat kita nonton film. 

Game ini lebih menekankan jalan cerita daripada gameplaynya, dan biasanya dibutuhkan waktu yang lama untuk bisa menamatkan game RPG.

Ada banyak sekali cutscene yang akan kita jumpai, kebanyakan game RPG memiliki ending yang sedih. Seperti Final Fantasy XV dan X, selain itu kita yang tidak terbiasa memainkannya akan merasa aneh dengan game ini karena kebanyakan pertarungannya bersifat pasif.

Karakter kita hanya akan diam dan menyerang jika diperintah, namun kita tidak bisa mengendalikannya dengan bebas. Namun jangan khawatir, sekarang sudah banyak game RPG yang memiliki sistem pertarungan aktif seperti The Witcher 3. Contoh Game RPG yang populer antara lain : The Witcher 3, Suikoden 2, Final Fantasy XV, Tales of Bestiria, Kingdom Hearts, dll.

Apa itu Game MMORPG ?

MMORPG merupakan singkatan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Secara garis besar, mirip dengan RPG. Dimana pada game ini kamu memerankan seorang tokoh, lalu menjalani serangkaian cerita.

Perbedaannya, disini kamu main ramai-ramai secara online. Jadi katakan kamu jadi Archer, lalu si B jadi Swordman, lalu si C jadi Monk, lalu D, E dan lain-lain. Semuanya bersama-sama menjadi tokoh fiksi, lalu menjalani serangkaian cerita.

Jadi game ini mirip dengan RPG hanya saja kita bisa online dan bekerjasama dengan pemain lain, sehingga lebih menyenangkan. Kamu biasanya juga bisa trading item atau sekedar berburu monster untuk meningkatkan level.

Di game MMORPG akan ada banyak event yang diadakan seminggu atau sebulan sekali. Contoh Game RPG : RF Online, Ragnarok Online, Black Dessert Online, Aura Kingdom, Dragon Ball Online, EOS, dll

Apa itu MOBA ?

MOBA merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Bisa dibilang merupakan kombinasi antara RPG dan MMORPG, hanya saja disini kamu tidak menjalani serangkaian cerita bersama. Namun disediakan sebuah arena, lalu kamu bertanding melawan pemain-pemain lain secara online.

Salah satu gamer yang sering keliru, MOBA tidak ada hubungan dengan penggunaan analog. Itu hanya sebatas variasi kontrol saja. Jadi seperti Mobile Legends dan Mobile Arena yang memakai analog, tetap merupakan genre MOBA.

MOBA lebih menekankan pada pertempuran dan kerjasama ketimbang jalan ceritanya. Tujuan dari game ini adalah menghancurkan markas musuh agar bisa menang, keseruan dari saling bekerjasama dalam satu tim dan karakter yang bervariasi membuat game ini banyak digemari.

Contoh Game MOBA: Mobile Legends: Bang-Bang, Mobile Arena, DOTA 2, League Of Legend, Vainglory, Arena Of Valor, Heroes Of Newerth, Smite, dll.

Referensi :
jalantikus.com
Advertisement
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Nube- Diberdayakan oleh Blogger