-->

Cara Bermain Dota 2 bagi Nob

Advertisement
Gamer pasti sudah tahu permainan MOBA paling epic dan fenomenal di steam, apalagi kalau bukan DOTA 2. Ya, Dota 2 sudah menjadi makanan sehari-hari penggemar online game di steam, dengan grafis yang memukau dan kerjasama tim yang seru membuat game ini tidak bosan-bosan dimainkan gamer seperti kita.

Nah, buat kalian yang mungkin masih baru di Dota dan belum tahu cara memainkannya jangan khawatir, berikut akan kita bahas bersama-sama cara bermain Dota 2 yang baik dan benar biar kita tidak dibilang noob dan akhirnya kalah terus. Pertama kita bahas yuk dari awal apa sih game dota 2 itu?

Penjelasan Singkat DOTA 2

DOTA 2 merupakan kepanjangan dari (Defense Of The Ancient) adalah game online bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), game ini menggabungkan genre Aksi, RPG dan Strategi sehingga menjadikannya seperti game pertempuran yang atraktif, super seru dan melibatkan kerjasama antar tim. Kita diharuskan bekerjasama untuk bisa mengalahkan tim musuh.

Permainan Dota 2 adalah versi kedua dari DotA yang dulunya mod dari Warcraft: Frozen Throne, diciptakan pertama kali oleh Kyle Sommer (Eul), mapnya didapatkan dari game Starcraft. Karena banyak yang suka memainkan akhirnya Valve bekerjasama dengan Icefrog merilis game DOTA 2 yang karakternya sama persis seperti Dota 1 dengan sedikit perubahan dan peningkatan grafis yang lebh baik.

Lalu Bagaimana Cara Mainnya ?

Mudah sekali kawan, tujuan game ini adalah menghancurkan Throne (Fountain) musuh, Bentuknya seperti bangunan besar bercahaya yang dikelilingi beberapa menara. Ketika bangunan tersebut berhasil kamu hancurkan, maka otomatis kamu akan menang.

Ada 113 hero yang bisa kamu mainkan di sini dan semuanya memiliki bentuk tubuh serta skill yang berbeda-beda, dijamin gak bakal bosen deh. Jenis heronya antara lain Strength, Agility, dan Intelligence.

Adapun perannya antara lain Carry, Support, Initiator, Offlaner, Nuker, Pusher, Midlaner dll. Pertama masuk kamu bisa memilih mode perminannya, bisa lawan bot, main online sama pemain lain, atau main ranked buat yang sudah jago. Lalu pilih hero yang kamu suka, saya sarankan pilih hero dota 2 untuk pemula, seperti Sniper atau Dragon Knight.

Cara main dota itu gampang kok, di awal permainan kita akan berada di markas dan menuju ke lane (jalur), memilih jalur tidak boleh sembarangan ya? Harus kita sesuaikan dengan hero yang dipakai, hero midlaner sebaiknya pilih lane mid (tengah) dan untuk hero support sebaiknya pilih lane top (atas) atau bot (bawah) menemani Carry.

Setelah itu kalau lakukan farming (mencari gold dengan membunuh Creep atau membunuh hero lain). Apa sih Creep itu?, Creep adalah prajurit yang selalu keluar dari markas secara bergantian, kedua tim yaitu Radiant (yang subur dan dipenuhi pohon hijau) dan Dire (yang tandus dan markasnya dipenuhi api) selalu mengeluarkan Creep sampai perminan berakhir, Creep bisa berubah menjadi MegaCreep saat semua barak musuh telah dihancurkan.

Creep ini dihasilkan dari barak dan gerakannya dikendalikan oleh bot, jadi mereka gak bisa disuruh ya, kecuali pakai skill khusus atau item helm of dominator. Creep ada tiga jenisnya yaitu lane creep (yang kita bahas tadi), neutral creep (creep yang ada di hutan dan tidak memihak siapapun) dan Ancient creep (creep besar yang memberikan banyak exp dan level, susah untuk dibunuh di awal permainan).

Di early game (awal permainan) jangan berkumpul dulu ya, karena di kita harus fokus untuk mencari gold dan menaikkan level. Kita baru berkumpul di mid game saat sudah punya skill keempat (ulti) dan punya item yang cukup bagus.

Di mid game (pertengahan permainan) biasanya tim kita akan mulai berkumpul dan menghancurkan tower bersama-sama. Mid game biasanya berlangsung antara menit ke 15-30 (meskipun kadang di menit ini tim kita masih saja ada yang farming dan susah diajak berkumpul). Di menit ini dengan bekerjasama biasanya kita sudah bisa membunuh Roshan.


Roshan adalah monster raksasa yang jika kita berhasil membunuhnya akan dapat gold untuk semua hero di tim kita dan yang paling penting mendapatkan item Aegis of Immortal, membuat pemakainya bisa hidup kembali. Setelah membunuh Roshan langsung saja berkumpul dan hancurkan tower bersama-sama.

Di late game (akhir permainan) kita harus lebih sering berkumpul dan berperang menghabisi musuh atau tower mereka. Hero Carry di waktu ini sudah sangat kuat, jadi jika kalian menggunakan support sebaiknya jangan dekat-dekat dengan Carry atau kalian bisa mati dalam sekejap. Semua skill di late game harus dikombinasikan menjadi kombo yang bagus untuk bisa menghabisi musuh dalam hitungan detik.

Permainan biasanya akan berakhir pada menit 40 keatas. Semakin kuat hero musuh maka permainan akan semakin lama. Hati-hati dengan hero tertentu yang bisa comeback seperti Antimage atau Spectre. Tips bagi pemain, jika kita punya kesempatan untuk mengakhiri musuh maka akhiri mereka secepatnya, jangan diulur-ulur nanti musuhbisa menjadi kuat dan melakukan serangan balik.

Di Dota ada yang namanya MMR (Match Making Rank) yaitu suatu angka yang menjadi tolak ukur bagus buruknya kemampuan bermain seseorang. Semakin tinggi mmr mu maka semakin jago kamu memainkan dota. Cara melihat mmr dota 2 tinggal klik edit di profile atau bisa dilihat saat kamu akan memainkan mmr.

Map Dota 2


Map (peta) yang digunakan dalam pertempuran di dota 2 hanya ada satu dan terdiri dari tiga lane, atas, tengah dan bawah. Lane atas dan bawah berbentuk garis dengan sudut 90 derajat sedangkan lane tengah berbentuk garis lurus. Jika kamu menjumpai map yang bentuknya aneh seperti ada ikan dan kapalnya atau pohonnya berbentuk kotak itu namanya terrain, terrain hanya tampilan saja, susunan dan letak map tetap sama.

Ingat, dalam dota 2, musuh tidak bisa terlihat di map kecuali ada ward atau dia berada di dekat creep lanemu, jadi jika tidak ada satu musuh pun terlihat di peta itu tandanya mereka sedang bersembunyi untuk melancarkan serangan tiba-tiba atau sedang membunuh Roshan. Jadi seringlah melihat map agar bisa selamat dari gank musuh.

Apakah Dota 2 Gratis ?

Ya, tentu saja gratis, kalau bayar pasti yang pada males main. Dota 2 adalah game free to play yang bisa didapatkan dari steam. Untuk bisa main game dota online, kita harus download dulu steam lalu download Dota 2 melalui steam, ukurannya 8 gb namun bisa berubah seiring dengan bertambahnya hero.

Meskipun gratis, untuk mendapatkan item seperti set kostum, terrain, announcer, courier dll tidak gratis ya, kamu harus bayar dengan harga yang bervariasi. Biasanya kisaran $ 3 - $ 20 untuk kostum biasa dan untuk kostum arcana yang bagus harganya mencapai $ 500.

Namun jangan khawatir kamu bisa mendapatkan item dota 2 dengan mudah saat diadakan event atau kamu bisa melakukan predict (harus menang 3 kali) nanti item akan langsung kamu dapatkan.


Lalu Cara Downloadnya Bagaimana ?

Dari Steam bro, install dulu steam (cari di google) lalu cari Dota 2 di menu store nya. Pakai wifi saja ya karena ukurannya cukup besar, kalau koneksimu cepat, download bisa selesai dalam 1 setengah jam.

Lalu setelah selesai buat akun dota 2 dulu, ikuti langkah-langkahnya di steam, kamu butuh alamat email untuk verifikasi. Setelah akun berhasil didaftarkan tinggal buka lagi steam lalu masukkan akun dengan benar.

Apakah Dota 2 Hanya Bisa Dimainkan Secara Online ?

Tidak, kita bisa memainkan secara offline juga lho, caranya matikan koneksi lalu pilih mode offline. Masuk ke dota dan selamat bermain. Tapi ingat kita hanya bisa lawan bot di mode offline, botnya juga ada tingkatannya, yaitu passive, easy, normal, hard, very hard dan unfair. Atau jika steammu sedang online klik menu steam lalu pilih go offline untuk membuatnya menjadi offline.

Untuk main dota 2 online kalian pasti sudah tahu kan? tinggal aktifkan koneksi lalu buka steam, nanti dota akan online dengan sendirinya.

Ada juga Dota 2 yang hanya bisa dimainkan offline tapi ini bukan versi resminya melainkan versi crack, fitur dan heronya masih lawas dan sederhana tidak sebanyak Dota 2 sekarang.

Jadi di Dota 2 kita bisa latihan sepuasnya dengan main offline, tidak seperti game MOBA lain seperti League Of  Legends, Mobile Legends atau Arena Of Valor yang hanya bisa dimainkan jika koneksi kita aktif.

Advertisement
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Nube- Diberdayakan oleh Blogger