-->

Panduan dan Guide Hero Mobile Legends Kaja

Advertisement
Kaja (Nazar King) adalah salah satu hero tank yang unik di Mobile Legends karena sifatnya yang semi support (tank/support). Karakteristik utama hero ini adalah tank yang memiliki mobilitas tinggiuntuk melindungi tim serta memberikan damage dan mengontrol keadaan di sekitarnya dengan skill-skill CC yang ada. Hero ini memang masih baru dan sampai sekarang (Mei 2018) hanya ada di advance server saja, tapi ane sendiri sudah memakainya berkali-kali pada ranked mode dan gameplay nya cukup menarik.
Panduan dan Guide Hero Mobile Legends Kaja
Menurut ane hero ini termasuk OP jika player yang memainkannya bisa memanfaatkan keunggulan yang ada serta memaksimalkan penggunaan ketiga skillnya, memang cara main hero ini agak sedikit beda dengan tank pada umumnya, kita tidak bisa asal pasang badan di depan dan menerima semua damage begitu saja karena sebenarnya Kaja tidaklah sekeras full pure tank seperti Tigreal atau Akai, kalau kita lihat semua skillnya tidak memiliki defense atau bonus pertahanan yang signifikan melainkan efek movement speed dan magic damage, sehingga role nya terasa kurang mantap sebagai full tank (wajar karena hero ini memang tank semi support). Tanpa banyak basa-basi, berikut ini adalah tutorial lengkap bagaimana cara memainkan Kaja dimulai dari keunggulan dan kelemahannya yaitu.

Kelebihan Kaja:

Hero tank yang gesit, kelebihan utama Kaja yang sekaligus menjadi ciri khasnya adalah kelincahan dan kecepatan gerakannya dalam permainan, ia bisa cepat menelusuri lane tidak seperti tank pada umumnya, bergerak dengan luwes dan mengcover teman yang sedang kena ciduk atau ganking oleh lawan, hero ini sangat cocok digunakan untuk melindungi hero-hero lembek yang sering jadi sasaran utama saat tim war seperti marksman dan mage.

Range serangan yang cukup jauh, basic attack Kaja punya range yang cukup panjang (lebih jauh dari tank dan fighter normal), sehingga kita bisa melakukan poke dari jarak yang cukup jauh, setidaknya kita tidak harus selalu menempel dengan lawan untuk memberikan damage dan mengalihkan perhatian mereka.

Hero penculik yang sangat baik, skill ultimate nya bisa menciduk 1 target dan mendisable lawan selama 2 detik, skill ini sangat berguna untuk membungkam lawan-lawan yang gesit seperti Fanny, Hayabusa, Gusion, dan Harley.

Kekurangan Kaja:

Tanker yang cukup lembek, Kaja termasuk tank yang kurang keras (tidak setebal tank-tank seperti Akai, Johnson, dan Uranus), namun tenang saja ia masih bisa menerima damage dengan baik dan menjalankannya role nya sebagai tanker dengan sempurna asalkan kita bermain dengan strategi yang tepat.

Minim crowd control, skill 1 nya memberi efek slow pada musuh di sekitar namun sayang range serangan area skill 1 ini sangat terbatas (musuh harus berada cukup dekat), lalu CC dari skill 3 nya hanya bisa menyerang/lock 1 target musuh saja, kurang lebih hero ini sebelas dua belas dengan Franco (tank yang minim CC), jenis tank yang CC nya single target seperti ini biasanya akan kurang ideal dalam situasi full teamfight/tim war 5 vs 5.

Butuh positioning yang tepat, kita harus pintar-pintar mencari posisi yang pas untuk memberikan damage dan slow dari skill 1, lalu kita juga harus mengarahkan skill 2 nya kearah yang tepat untuk memberi support pada tim, dan terakhir kita harus memilih dengan bijak target yang akan kita serang dengan skill 3, semua penggunaan skill ini butuh positioning yang baik dan tentu kita harus bisa memperhatikan keadaan sekitar serta mengambil keputusan yang tepat terutama saat sedang tim war.
Sangat bergantung pada tim, karena ia cukup lembek dan tidak memiliki damage yang besar, maka tugasnya disini adalah sebagai support (semi tank) yang membantu melindungi teman sekaligus memberi damage dan crowd control untuk mengganggu formasi musuh, karena itu ia cukup bergantung pada kerja sama untuk bisa memaksimalkan celah dan kesempatan yang ia berikan pada tim.

Kaja tips item build:


Build item Kaja sama seperti build item tank pada umumnya, cukup fokus pada item-item defense dan sesuaikan dengan atribut physic/magic yang ada pada tim lawan.
Ane biasanya menggunakan item build diatas, build baris kedua ane gunakan jika pada lawan terdapat hero-hero kritikal yang sangat berbahaya seperti Lesley & Clint.
Ane sarankan untuk membeli Cursed Helmet, karena ia bisa bergerak dengan leluasa dan gesit di tengah pertempuran, maka item ini sangat cocok untuk memberikan damage (1,5% dari max HP) pada musuh di sekitar, kalau kita cukup cerdik menggunakan hero ini, kita bisa memberikan damage terus-menerus dengan menjaga jarak dan melakukan poke dengan basic attack sambil menjauh.
Build diatas adalah yang menurut ane paling ideal, namun semua kembali lagi pada preferensi masing-masing player dan situasi yang ada, beberapa player ada yang build semi tank (setengah item defense, setengah item magic) bahkan ada juga yang build full mage (full magic item), menurut ane pribadi build full tank tetaplah yang terbaik.

Battle spell yang paling cocok untuk Kaja adalah Flicker.

Gunakan Flicker untuk ekstra mobilitas, spell ini sangat berguna untuk kabur/escape disaat kritis atau mengejar musuh yang berusaha melarikan diri, dan yang paling penting kita bisa mengkombinasikan spell ini dengan skill ultimate untuk menculik/menciduk musuh secara sempurna.

Untuk emblem kita bisa gunakan Custom Tank emblem.

Kaja sangat bagus/OP untuk melawan hero-hero berikut:

  • Semua hero mage & marksman (early-mid game)
  • Karina
  • Fanny
  • Hayabusa
  • Natalia
  • Lancelot
  • Gusion

Kaja cukup lemah melawan beberapa hero berikut:

  1. Hylos
  2. Saber
  3. Chou
  4. Ruby
  5. Martis
  6. Bruno
  7. Lesley
  8. Hanabi
  9. Nana
  10. Diggie
  11. Angela

Kombinasi skill Kaja:
Kita bisa menciduk 1 hero musuh menggunakan skill 3, kita juga bisa menculik dan membawanya lebih jauh lagi dengan bantuan Flicker serta skill 2, jadi pertama kita pilih 1 target untuk diculik, lancarkan skill 3 setelah itu langsung dengan cepat gunakan Flicker disusul skill 2 untuk membawanya kepada tim atau biasanya kedalam area tower (lancarkan juga skill 1 setelah itu untuk memberi tambahan efek slow).

Skill 3 –> Flicker –> Skill 2
Contoh kombo ultimate Flicker:



Tips & trik hero guide Kaja:

Positioning adalah kunci terpenting dalam memainkan hero ini, ingat kelebihan utamanya adalah pada kecepatan gerakan/movement speed nya bukan seberapa keras/kuat hero ini bisa menerima damage, jadi tetaplah bermain aman walaupun role nya tank, jangan sembarangan maju di depan atau asal tahan badan tanpa perhitungan karena ia cukup lembek terutama saat late game menghadapi hero-hero burst damage seperti Lesley dan Zilong.

Gunakan hero lock mode on supaya skill 3 nya bisa tepat mengenai target yang kita inginkan.
Skill 2 selain berguna untuk mobilitas/charge, skill ini akan memberikan shield pada teman jika kita berhasil mengenainya, jadi gunakan skill ini sebagai buff untuk tim disaat darurat, skill inilah yang membuatnya menjadi hero support yang baik.

Saat teamfight/tim war gunakanlah skill 1 pada sebanyak-banyaknya hero tim lawan, kalaupun tidak bisa setidaknya seranglah hero yang paling perlu kita bungkam gerakannya (seperti assassin/fighter), skill 1 ini berguna untuk melambatkan formasi musuh dan memberi banyak celah pada tim untuk kabur/mengejar lawan.

Bijaklah memilih target untuk kita ciduk dengan skill ulti, saran ane gunakanlah pada hero carry atau hero yang damage nya paling sakit pada tim lawan, selain itu jika ada celah gunakanlah skill ini untuk menggiring musuh kedalam tower, gunakan juga kombinasi skill ultimate dengan Flicker dan skill 2 supaya musuh terbawa lebih jauh lagi.
Advertisement
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Nube- Diberdayakan oleh Blogger