-->

Panduan dan Guide Hero Mobile Legends Diggie

Advertisement
Panduan dan Guide Hero Mobile Legends Diggie
Pada tutorial hero kali ini kita akan belajar bagaimana cara main menggunakan hero support yang mulai agak terlupakan yaitu Diggie. Diggie sebenarnya merupakan hero support yang lumayan OP namun sayang kurang begitu populer di ranked mode karena kemunculan hero support auto ban seperti Angela, dan banyaknya update skin + rework untuk hero support kesayangan MLBB yaitu Rafaela.

Diggie adalah hero support yang paling bagus untuk urusan crowd control, ia bisa memberikan CC pada lawan sekaligus memberi perlindungan 1 tim terhadap hero CC musuh, jadi gunakan hero ini jika pada lawan terdapat banyak hero CC yang menganggu untuk memaksimalkan perannya dalam permainan, selain itu hero ini tidak bisa memberikan DPS yang signifikan sehingga akan sangat-sangat bergantung pada tim dibanding hero support lainnya. Pertama kita perlu mengetahui dulu keunggulan dan kelemahan Diggie.

Kelebihan Diggie:

Hero support anti CC terbaik, kekuatan utama Diggie adalah pada skill ultimate nya yang bisa memberikan immune crowd control pada semua hero tim di sekitarnya, jadi skill ini akan sangat-sangat berguna pada momen-momen genting seperti teamfight/tim war 5 vs 5 terutama pada phase late game dimana skill CC sering menjadi penentu kemenangan.

Hero locker yang sangat bagus, skill 2 nya bisa menghentikan gerakan 1 hero lawan secara drastis, dengan skill ini hero-hero gesti seperti Fanny dan Hayabusa akan sangat mudah terciduk.
Damage yang tinggi pada early game, skill 1 nya punya base damage yang cukup sakit pada awal permainan, sayangnya hanya inilah satu-satunya senjata Diggie untuk menyerang/memberikan damage dan pada phase mid-late game pun skill ini sudah tidak begitu sakit (dan juga mudah dihindari). Skill 1 ini hanya berguna untuk membersihkan minion dan menganggu musuh saat defense/push tower.

Hero support lane yang sangat baik, saat mati Diggie akan menjadi telur (egg) yang bisa berjalan dan memberi sedikit damage pada musuh di sekitar, damage kecil ini berguna untuk menghentikan efek regen musuh termasuk menghalangi mereka saat berusaha recall/kembali ke base, selain itu kita bisa respawn di lane manapun tanpa harus bolak-balik ke base jadi akan sangat efektif ketika push lane karena tidak perlu buang-buang waktu berjalan dari base ke tower musuh.

Kekurangan Diggie:

Sangat bergantung pada tim, bahkan untuk jungle/ngutan saja ia harus ditemani hero lain supaya bisa cepat farm, karena damage nya kecil dan skill 1 nya juga lama maka ia sangat bergantung pada hero lain untuk bisa efektif dalam permainan.

Kurang berguna jika terdapat sedikit hero CC pada lawan, hero ini memang khusus spesialis anti CC namun sayangnya ia sangat lembek dan rentan terkena gank karena tidak memiliki skill escape/movement apapun, jadi kalau pada lawan terdapat banyak hero gesit dan burst damager (hero CC nya kurang banyak) maka iapun menjadi kurang efektif dalam permainan.

Tidak memiliki damage yang signifikan, skill 1 nya memang lumayan sakit pada awal game, namun pada mid-late game jangan berharap banyak pada damage hero ini, satu-satunya yang bisa diandalkan darinya hanyalah kemampuan CC single target dari skill 2 dan immune CC dari skill 3 nya.
Potensi blunder skill pasif, saat kita berusaha mengganggu musuh dalam wujud telur (egg mode) ada kemungkinan kita respawn di situasi yang salah (di tengah-tengah tim lawan) yang akibatnya kita malah jadi feeder dan mati konyol, karena itu perhatikan juga waktu cooldown respawn yang ada, jika sudah mau hidup kembali carilah tempat yang aman untuk respawn.

Diggie tips item build:

Saran ane untuk build Diggie jangan mengikuti standar tips item build role support pada umumnya, karena hero ini tidak memiliki magic damage yang signifikan, hanya skill 1 yang punya damage tinggi namun skill ini pada prakteknya sangat mudah dihindari, jadi sebaiknya jangan sia-siakan gold yang ada untuk membeli item magical damage.

Tips item build Diggie sebaiknya cukup fokus pada cooldown reduction semaksimal mungkin (CDR 40%) dan item defense yang disesuaikan dengan atribut musuh.
Build diatas adalah yang menurut ane paling ideal karena kita memiliki CDR 35% (tambahan CDR 5% bisa kita dapat dari emblem) dan defense yang tinggi (item physic/magic defense disesuaikan dengan komposisi atribut tim lawan).

Kita bisa juga gunakan item def magic Cursed Helmet yang berguna untuk memberikan damage di sekitar kita, item ini berguna jika kamu mau memberikan tambahan damage saat sedang dalam mode telur/egg, namun ini kurang ane rekomendasikan mengingat kita harus mati untuk bisa memaksimalkan potensi item ini (namun untuk sekedar have fun item ini sangat efektif untuk menganggu tim musuh). Contohnya kamu bisa lihat cuplikan berikut ini.

Battle spell yang paling cocok untuk Diggie adalah Healing dan Flicker.
Gunakan Healing untuk memulihkan HP dan mana pada tim disaat kritis, cukup bagus saat kita kombinasikan dengan efek shield dari skill 3 untuk memberi ekstra perlindungan.
Gunakan Flicker untuk kabur saat terciduk/kena gank, karena Diggie tidak memiliki mekanisme gerakan/skill escape yang baik, maka spell ini akan jauh lebih berguna dan recommended untuk digunakan.

Untuk emblem kita bisa gunakan Custom Magic atau Custom Support emblem.
Diggie sangat bagus untuk melawan hero-hero berikut:
  1. Semua hero tank (terutama tank super crowd control seperti Akai)
  2. Fanny
  3. Hayabusa
  4. Gusion
  5. Chou
  6. Ruby
  7. Martis
  8. Nana
  9. Aurora
  10. Moskov
  11. Hanabi
Diggie cukup lemah melawan beberapa hero berikut:
  • Lancelot
  • Natalia
  • Zilong
  • Alucard
  • Hilda
  • Roger
  • Cyclops
  • Harley
  • Zhask
  • Pharsa
  • Chang’e
  • Bruno
  • Clint
  • Layla
  • Lesley

Tips & trik hero guide Diggie:

Usahakan saat berada di lane minimal berdua dengan 1 hero teman lain, baik saat farming maupun push tower, ingat hero ini sangat bergantung pada kerja sama tim.

Tugas utama kita adalah mensupport dan membackup teman dari belakang, spam skill 1 untuk poke dan membatasi gerakan musuh, gunakan skill 2 pada hero-hero carry lawan atau saat sedang mengejar musuh yang kabur, lalu simpan skill 3 untuk momen yang tepat seperti saat Akai/Tigreal tim musuh mengeluarkan skill ultimate, saat tim kita terkena CC massal dari freeze Aurora, dan momen dimana tim kita butuh ekstra perlindungan dari CC dan tambahan shield untuk bertahan hidup.

Sebaiknya hanya gunakan Diggie saat pada tim musuh terdapat minimal 1 hero CC yang massal (seperti Akai, Hylos, Aurora, Ruby, Hanabi) dan hero yang perlu di lock karena terlalu gesit seperti Fanny, Hayabusa, dan Gusion. Jika pada tim lawan terdapat sedikit hero CC (misal hanya ada 1 hero CC dan itupun single target) maka menggunakan Diggie akan kurang begitu efektif, yang harus kita perhatikan adalah komposisi crowd control yang ada pada tim lawan, jika dirasa tim kita akan kesulitan menghadapi control tim lawan (kalah CC) barulah kita jadikan hero ini sebagai pilihan.
Jika mati dan menjadi telur, cobalah lihat apakah ada hero lawan yang sedang melakukan regen HP atau recall, kita bisa menganggunya dengan mendekatinya dan spam skill yang ada, walaupun tidak memberikan damage yang berarti setidaknya efek regen/recall mereka akan gagal.
Rajin-rajinlah tonton video dan live streaming top Diggie player supaya bisa belajar dan menguasai hero ini dengan lebih baik lagi
Advertisement
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Nube- Diberdayakan oleh Blogger