-->

15 Tips Agar Menang Bermain Mobile Legends Lengkap

Advertisement
Hai guys, penggemar setia game Mobile Legends. Sudahkah naik berapa bintang hari ini? atau sudah turun berapa bintang guys? Kalo kamu naik turun bintang, itu wajar guys apalagi kalau di rank mythic, lawannya berat-berat. Namun kalo kamu turun terus gak naik-naik itu yang perlu diperbaiki. Dalam main ranked match di mobile legends kita tidak boleh main semabarangan ya guys.

Setiap hero yang kita pakai harus disesuaikan dengan tim, jika kekuranagn tank, harus pick tank, atau jika tidak ada marksman (MM) pick marksman ya. Oke guys kali ini kita akan bahas bersama tips bermain mobile legends terbaik dan terbaru 2018 dan cara bermain Mobile Legends yang baik dan benar. Oke langsung saja simak 15 Tips Bermain Mobile Legends Lengkap berikut ini agar kamu menang terus saat bermain:
1. Kuasai Hero Satu-Persatu
Hero di Mobile Legends jumlahnya ada banyak, mencapai 40 lebih. Dengan jumlah yang sebanyak itu, kamu tidak bisa menguasai semuanya sekaligus.

Sebaiknya pakai dulu salah satu hero, pahami semua skillnya dan cara menggunakan skillnya dengan benar, kemudian pakai di ranked untuk menguji kemampuanmu menggunakan hero tersebut. Apabila sudah cukup baik atau sudah jago, baru kamu bisa mencoba hero lain lalu memakainya di ranked lagi.

2. Gunakan Emblem dan Spell Yang Cocok
Emblem memeberikan tambahan stat saat bermain, stat jenisnya ada bermacam-macam, ada yang berfungsi menambah jumlah damage yang kamu berikan, menambah darah, menambah armor, menambah mana, menambah attack speed dan movement speed, dll.

Karena pengaruhnya yang besar dalam game, maka kamu sebaiknya menggunakan emblem yang cocok untuk hero yang kamu pakai. Misalnya kamu memakai hero assassin maka sebaiknya kamu menggunakan emblem assassin, hero tank menggunakan emblem tank, merksman menggunakan emblem marksman dst.

Jangan lupa untuk mengupgrade level emblem secara rutin, karena semakin tinggi levelnya, maka stat yang akan kamu dapatkan juga akan semakin besar.
Jenis-jenis Spell :

  • Execute: memberikan damage besar ke musuh
  • Retribution: memberikan damage ke minion, buff dan monster hutan
  • Inspire: mempercepat serangan dan mengurangi armor musuh saat digunakan
  • Sprint: menambah kecepatan berlari sebesar 40%
  • Healing spell: menambah darah
  • Aegis: memberikan pelindung yang dapat menyerap damage
  • Stun: meberikan damage dan menstun selama 0,7 detik
  • Purify: menghilangkan efek stun, slow, silence dll dan memberikan perlindungan terhadap efek negatif 1 detik dan menambah kecepatan berlari 30%
  • Weaken: Mengurangi kecepatan berlari 70%, seranagn fisik dan magic 50% selama 3 detik
  • Flicker: berpindah tempat dalam sekejap
  • Arrival: melakukan recall ke minion atau tower, setelah recall kecepatan berlari akan meningkat 30% selama 3 detik 
  • Iron wall: mengurangi damage fisik, magic dan turret sebesar 40% selama 3 detik

Spell yang biasanya banyak dipakai adalah spell retribution, kamu wajib memilikinya jika kamu ingin heromu bertambah level dengan cepat dan mendapatkan item yang bagus di awal game.

3. Gunakan Gear Terbaik
Gear adalah susunan item yang akan kita gunakan di game nantinya. Biasanya di Mobile Legends sudah disediakan gear yang cocok untuk kamu gunakan langsung. Jenisnya ada bermacam-macam, dintaranya yaitu:

  • Sustained DPS (Memberi damage yang besar dan berkelanjutan), 
  • Burst damage (memberi damage paling besar), 
  • DPS Jungling (untuk jungle), 
  • Team Buff (untuk mensupport team), 
  • Durability (mengutamakan pertahanan), dll. 

Tiga jenis gear

  • Equipment biasa: Gear normal
  • Hot equipment: Gear yang paling banyak dipakai pemain ML di seluruh dunia
  • Set top player: Gear yang dipakai pemain pro ML
Gunakan gear yang dirasa paling cocok kamu gunakan, caranya gunakan dulu gear yang mana terserah, lalu setelah game selesai gunakan gear lain, setelah itu bandingkan mana yang paling banyak membantu saat di game atau yang paling banyak memberikan kill.

Kamu juga bisa mengatur set gear mu sendiri sebelum mulai bermain, atau lebih jago lagi apabila kamu menyusun gear saat permainan dimulai. Apabila musuh memiliki banyak tank keras, gunakan gear full damage atau bila kamu sering mati gunakan gear pertahanan.

4. Pastikan koneksi internet dan ping lancar
Koneksi merupakan kunci kemenangan dan hal yang harus diperhatikan dari setiap game online. Game online sangat bergantung pada kecepatan koneksi internet, semakin lancar koneksi internetnya maka permainanmu akan semakin baik, demikian juga sebaliknya, semakin lelet koneksinya maka akan membuat game menjadi ngelag dan akhirnya akan membuatmu kalah.

Ini merupakan hal yang menyebalkan bagi gamer seperti kamu, seharusnya kamu sudah jago main dan bisa memenangkan ranked match namun karena koneksi tidak sesuai yang diharapkan kamu tidak bisa apa-apa apalagi membantu timmu saat war, yang ada kamu malah ngefeed di tengah pertempuran.

Selain itu saat koneksi lelet, kamu bahkan bisa menembus tembok yang seharusnya tidak bisa ditembus, atau berjalan kesana kemari tak terkendali, ini yang bisa membuat kamu kesal dan akhirnya afk atau meninggalkan game.

Tanda-tanda game Mobile Legends yang koneksinya lemot bisa dilihat dari sinyalnya, jika sinyalnya berwarna hijau maka dalam kondisi yang baik namun jika warnanya merah maka koneksinya sedang buruk, yang akan membuat game menjadi ngelag parah.

5. Lakukan last hit
Last hit yaitu serangan terakhir, maksudnya minion musuh mati bukan karena serangan minionmu, tapi karena seranganmu. Jika berhasil melakukan last hit kamu akan mendapatkan gold lebih banyak bila dibandingkan kamu tidak melakukan last hit. Untuk melakukan last hit, diperlukan latihan secara berulang-ulang.

Kamu harus tahu timing yang tepat untuk menyerang minion yang darahnya tingal sedikit. Kamu bisa mondar-mandir sembari menunggu darah minion tinggal sedikit, kemudian menyerangnya saat dia hampir mati. Last hit sangat berguna bagi hero tertentu seperti Balmond, dimana setiap dia berhasil membunuh minion akan menambah regenerasi darahnya.

6. Kuasai Semua Hero
Karena setiap hero di Mobile Legends memiliki kelebihan sendiri-sendiri dan bisa digunakan untuk mengcounter hero lain, maka sebaiknya kamu menguasai semua hero,. Atau paling tidak menguasai semua role.

Karena dalam ranked, musuh secepat mungkin akan mempick hero terkuat (seperti saat ini hero terkuatnya Martis) untuk bisa melawannya kamu harus memakai hero counter. Jika dalam timmu tidak ada yang bisa menggunakan hero counter, maka akan jadi masalah yang besar, kamu sudah pasti akan kalah nantinya.

7. Lakukan farming dengan cepat
Farming adalah hal penting yang harus dilakukan para pengguna hero Carry (Mage, Marksman, Assassin, dan Fighter), ini karena hero tersebut bisa memberikan kemenangan di late game saat build item/gearnya sudah bagus.

Oleh karena itu gunakanlah spell retribution dan jungle gear agar bisa faming lebih cepat. Jangan hanya farming dengan membunuh minion, bunuh juga monster di hutan dan buff agar level dan goldmu bertambah lebih banyak setelah itu kembali lagi ke lane lalu bunuh minion.

Jangan khawatir untuk menggunakan skillmu pada minion atau buff karena nantinya setelah membeli item yang bagus, manamu akan beregenerasi lebih cepat, lagipula di awal game, hero mage memiliki mana yang banyak jadi tidak perlu takut kehabisan mana.

8. Utamakan Kerja Sama Tim
MOBA adalah game yang membutuhkan kerja sama tim. Kamu dituntut untuk bisa bkeerja sama dengan tim, tak peduli sebodoh apapun timmu. Kamu tidak bisa melawan lima hero sekaligus sendirian, kecuali lawan bot.

Kerjasama berarti berkumpul, bersatu, dan saling membantu satu-sama lain. Karena itu jika kamu berpikir kemenangan tim adalah karena kamu, sebaiknya buang jauh-jauh pemikiran seperti itu. Dalam pertandingan turnamen, tim yang didalamnya ada pemain terjago di dunia sekalipun bisa kalah dengan tim biasa jika tim tersebut memiliki kerja sama yang baik.

9. Pahami Tanda Peringatan
Di Mobile Legends, ada tiga jenis tanda peringatan yang sering kita pakai, yaitu retreat, defend dan attack. Terkadang para pemula masih belum tahu apa artinya, oleh karena itu akan saya jelaskan secara singkat.

Go attack: serang, kamu diperintahkan untuk mulai menyerang musuh
Initiate retreat: Mundur, kamu diperingatkan untuk mundur dari tempat karena musuh akan segera menyergap atau jumlah musuh terlalu banyak untuk kamu lawan sendiri
Request back off: Berkumpul, kamu dituntut untuk berkumpul dan menempati posisi masing-masing (tank di depan, MM dan mage dibelakang, assassin di tengah)

10. Map Awareness (Perhatikan peta)
Dalam setiap game MOBA, pasti dilengkapi yang namanya map (peta). Peta ini sangat berguna bagi kamu untuk mengetahui keberadaan musuh, kondisi tim, dan posisi lawan, apakah lawan sedang sendiri atau ada temannya.

Dengan kemampuan membaca peta yang baik, kamu jadi lebih sulit dibunuh dan akan berhasil ngegank musuh. Map juga bisa dimanfaatkan untuk memprediksi posisi lawan dan memperkirakan apakah ini waktu yang tepat untuk ngegank atau tidak.

11. Kuasai dan pahami semua skill baik aktif maupun pasif
Setiap skill hero di Mobile Legends memiliki keunikan dan efek tersediri. Terkadang kita belum paham betul apa saja efek dari skill tersebut dan cara menggunakannya. Oleh karena itu sebelum memulai menggunakan hero di pertandingan ranked ada baiknya jika kamu paham maksud dari skill tersebut dan cara menggunakannya yang baik dan benar.

Terkadang kita sudah mengetahui penggunaan skill namun belum bisa maksimal menggunakannya. Untuk itu kamu perlu memperhatikan cara pro player menggunakan skill tersebut lalu mempraktekkannya saat bermain.

12. Pahami semua item dan kegunaanya
Item di Mobile Legends memiliki efek yang unik dan berbeda-beda. Setiap item biasanya memiliki efek pasif yang sangat berguna dan cocok dipakai untuk jenis hero tertentu. Seperti efek lifesteal (darah bertambah saat menyerang musuh) akan berguna bagi hero marksman atau asassin.

Lalu item penambah darah dan armor akan sangat berguna bagi hero tank yang tugasnya melindungi tim di belakang dan menahan serangan lawan.

13. Tiru cara bemain Pro Player
Pemain profesional sudah sangat ahli dalam memainkan game. Mereka telah menghadapai berbagai macam musuh berat dari seluruh dunia, hal ini bisa kamu lihat dari jumlah bintang yang mereka dapatkan, ada banyak sekali. Mereka sudah tahu cara menggunakan hero yang benar dan memanfaatkan skill dan item hero secara maksimal.

Terutama untuk top global hero tertentu, seperti top global hero Lancelot (Evos Oura) yang sangat mahir menggunakan Lancelot. Kamu bisa mengamati cara bemainnya di youtube usahakan saat dia bermain ranked, lihat semua item yang dibeli, cara dia menggunakan skill, cara farming, cara ngegank, dan kapan saat yang tepat untuk menyerang.

Kamu bisa menirunya karena cara mainnya sudah tidak diragukan lagi, akan membawa kamu pada kemenangan nantinya.

14. Jangan Asal Menggunakan Hero
Setiap hero dalam game bergenre MOBA harus memiliki kelebihan dan kelemahan, tak terkecuali game Mobile Legends: Bang-Bang. Setiap hero memiliki konter yang membuatnya lemah dan tidak berkutik. Saat heromu terkena konter sebaiknya kamu lebih berhati-hati dalam menyerang, jangan terlalu agresif karena hero counter khusus dipick untuk membunuhmu.

Atau lebih baik lagi jika kamu tidak memilih hero yang sudah ada konternya, seperti jika musuh memilih hero Saber atau Moskov sebaiknya jangan pick Fanny, karena ultimate Saber dapat menstunmu cukup lama apalagi jika saat terkena ultimatenya kamu dikeroyok maka akan langsung mati, begitu juga dengan Moskov, skill 2 nya mampu membuatmu terkena efek stun 2 detik, waktu yang cukup untuk membuatmu mati.



15. Pilih Lane Yang Tepat
Dalam bermain kita harus tahu posisi lane yang tepat untuk hero yang kita pakai. Jangan memilih hero tank Hilda lalu kamu menempatkannya di tengah lane, itu sama saja dengan mengganggu timmu yang ingin mengambil lane tengah.

Bisa-bisa dia ngambek lalu afk gara-gara kamu ngambil lane sembarangan. Lane tengah khusus diisi dengan hero yang memiliki skill jarak jauh yang baik dan kemampuan farming yang cepat.

Mengapa harus seperti itu? Karena skill tersebut bagus digunakan untuk mencicil lawan di mid, dan bisa digunakan untuk ngegank di lane lain. Hero lane tengah biasanya didominasi oleh hero mage, asassin dan marksman, seperti Harley, Kagura, Cyclops, Lesley, Layla, Lancelot, Ihritel dll.
Advertisement
Related Posts

Disqus Comments
© Copyright 2017 Nube- Diberdayakan oleh Blogger